crayon-shin-chan18

shinchan

Crayon Shin-chan (クレヨンしんちゃん Kureyon Shinchan) adalah serial manga dan anime karya Yoshito Usui. Tokoh utamanya adalah seorang bocah berusia lima tahun, ia murid taman kanak-kanak yang sering membuat ulah, dan membuat repot semua orang di sekitarnya.[rujukan?]

Crayon Shin-chan pertama muncul pada tahun 1990 secara mingguan di majalah Weekly Manga Action, yang diterbitkan oleh Futabasha. Crayon Shin-chan mulai ditayangkan oleh TV Asahi pada 13 April 1992. Di Indonesia, komik Shin-chan diterbitkan oleh Indorestu Pacific (sebelumnya pernah pula diterbitkan Rajawali Grafiti dengan judul Crayon). Anime Crayon Shin-chan di Indonesia pernah ditayangkan oleh stasiun televisi Trans 7 dan saat ini ditayangkan oleh RCTI setiap hari Minggu pukul 07.30 WIB.

Humor dalam seri ini berasal dari tingkah laku Shin-chan yang janggal. Misalnya ia sering meledek ibunya bila disuruh merapikan mainannya. Seperti ayahnya, Shin-chan juga suka melihat wanita cantik dan sering merayu mereka.

Tokoh-tokoh

Keluarga Nohara (野原家)

Shinnosuke Nohara (野原しんのすけ Nohara Shinnosuke) atau Shin-chan adalah tokoh utama serial ini, seorang murid TK berusia 5 tahun yang gemar menirukan tingkah laku orang dewasa, menyukai berbagai serial anak-anak di televisi, serta sering merayu wanita dewasa yang cantik. Ia juga dapat merepotkan orang-orang di sekitarnya, ia juga sering membuat ulah.

Misae Nohara (terlahir Koyama) (野原みさえ Nohara Misae) adalah ibu Shin-chan. Ia adalah seorang ibu rumah tangga yang sering dibuat jengkel karena kenakalan Shin-chan. Hukuman yang biasanya ia berikan adalah pukulan, jitakan, atau cubitan

. Meskipun begitu, ia tetap mencintai anaknya. Misae sangat suka dengan diskon, brosur, dan perhiasan.

Hiroshi Nohara (野原ひろし Nohara Hiroshi) adalah ayah Sinchan. Ia adalah seorang pegawai dan kepala keluarga Hiroshi yang takut dan tunduk kepada istrinya, Misae. Ia kesal sekali pada Shinchan apabila membuat ulah. Hiroshi Nohara ini berumur 35 tahun.

Himawari Nohara (野原ひまわり Nohara Himawari) adalah adik Shin-chan. Mirip dengan kakaknya, Himawari sangat suka melihat lelaki tampan. Anak ini juga sangat senang dengan perhiasan, dan semua benda-benda yang berkilau (walaupun itu kecoa). Kata ‘Himawari’, dalam bahasa Jepang berarti bunga matahari.

Shiro (シロ) adalah anjing Shin-chan. Ia memiliki bulu berwarna putih dan dapat menggulung diri seperti bola salju. Anjing ini sangat cerdas. Anjing ini dipungut oleh keluarga Nohara karena dibuang oleh pemiliknya.

Keluarga Hiroshi

Ginnosuke Nohara (野原 銀の介Nohara Ginnosuke)

Merupakan Ayah dari Hiroshi, dan Kakek dari Shin-chan. Umur 65, seperti Shin-chan dan Hiroshi dia sangat menikmati melihat Perempuan cantik dan muda, jika dia berkunjung ke rumah anaknya dia kadang-kadang menyusahkan menantunya Misae.

Tsuru Nohara (野原 つる Nohara Tsuru)

Ibu Hiroshi, umur 62.

Semashi Nohara ((野原 せまし Nohara Semashi)

Kakak lelakinya Hiroshi, umur 40. Seperti namanya (dalam bahasa Jepang) “pelit”, dia adalah orang yang sangat pelit.

Keluarga Misae

Yoshiji Koyama (小山 よし治 Koyama Yoshiji)

Ayah Misae, umur 63. Karena baru merupakan pensiunan guru, dia sangat tegas karena sifatnya bekebalikan dengan besanannya ia dan Ghinnosuke sering bertengkar.

Hisae Koyama (小山 ひさえ Koyama Hisae)

Ibu Misae, umur 58. Berbeda dengan suaminya dia sangat baik kepada Tsuru Nohara.

Masae Koyama (小山 まさえ Koyama Masae)

Kakaknya Misae, umur 35. Ia sering dibilang Hiroshi ( kakak tua yang cerewet ), karena cerewet dengan hal-hal kecil, seperti hal pemakaian kata.

Musae Koyama (小山 むさえ Koyama Musae)

Adalah adik dari Misae Nohara, umur 26. Dia pindah ke rumah Nohara pada saat dipecat (bisa dibilang begitu). Musae adalah orang yang pemalas dan suka membodohi keluarga Nohara. Ia juga sering tiduran dan makan saja yang ia lakukan. Dalam versi komik Musae kembali bekerja setelah mengantarkan Shin-chan ke sekolah untuk menjadi asisten Fotographer, namun dalam versi TV setelah mengantarkan Shin-chan dia tetap berada di rumah Nohara dan tidak mendapatkan pekerjaan.

Ia juga pernah kerja sambilan di sebuah toko buku. Tetapi, saat ia sedang melihat koleksi foto milik gurunya, ia teringat masa lalunya saat masih menjadi fotografer. Gurunya mengatakan, kau tidak punya bakat, lebih baik berhenti saja! Ia akhirnya berhenti, dalam versi komik, ketika Hiroshi pulang, ia menanyakan kepada Misae bagaimana pekerjaannya, tetapi terbilang 1 hari langsung berhenti, Misae mengatakan ampun. Tetapi dalam versi TV, percakapan Hiroshi dan Misae tidak terlihat.

Murid-murid TK Aksi / Futaba Yōchien (アクシヨン幼稚園児 / ふたば幼稚園)

Tōru Kazama (風間 トオル Kazama Tōru) adalah teman sekelas Shin-chan yang pintar, rajin, disiplin dan berasal dari keluarga kaya. Ia sangat kesal dengan Shin-chan apabila ia selalu berbuat tidak sopan. Di jepang sendiri sosok Kazama merupakan sosok anak ideal, karena sosok kazama selain pintar, rajin, disiplin, juga tutur bahasanya yang sopan. Dijepang sendiri sosok seperti ini disebut dengan Majime. Ini bisa dilihat di versi asli kartun shinchan dalam bahasa jepang bukan dalam versi dubbing bahasa lain.

Nene Sakurada (桜田 ネネ Sakurada Nene) adalah anak perempuan tetangga Shin-chan. Setiap kali Shin-chan berkunjung ke rumahnya ia selalu membuat jengkel ibu Nene. Nene paling suka dengan permainan ‘mama goto’ atau jika di Indonesia lebih kita kenal bermain rumah-rumahan’. Di komik versi Indonesia, nama Nene diubah menjadi Nana

Masao Sato (佐藤 マサオ Satō Masao) adalah anak yang penakut dan paling suka melakukan pekerjaan bersih-bersih dan membantu ibunya. Masao tidak pernah bisa menolak jika Nene mengajaknya bermain ‘mama goto’ / ‘rumah-rumahan’.

Bo (ボ Bō) adalah anak yang sangat pendiam. Dia hampir tidak pernah bicara. Dia terlihat selalu ingusan, tetapi dia tidak pernah merasa terganggu dengan keberadaan ingusnya itu. Dia juga suka mengkoleksi bebatuan berbentuk aneh.

Ai Suotome ((酢乙女 あい, Suotome Ai) adalah seorang anak perempuan cantik yang berasal dari keluarga kaya di Tokyo. Tujuannya bersekolah di TK Aksi adalah untuk melihat kehidupan rakyat biasa. Semua anak laki-laki di TK Aksi jatuh cinta padanya, kecuali Shin-chan yang lebih menyukai wanita dewasa. Ai sangat tertarik dengan Shin-chan. Kadang, Nene sangat kesal dengannya. Dalam komik versi Indonesia, nama Ai diganti menjadi Masako.[rujukan?]

Guru-guru TK Aksi / Futaba Yōchien (アクシヨン幼稚園職員と関係者 / ふたば幼稚園)

Midori Yoshinaga (吉永 緑 Yoshinaga Midori) adalah guru Shin-chan. Ia selalu bersaing dengan Ume Matsuzaka. Setelah menikah dengan Junichi Ishizaka, nama belakangnya berubah menjadi Midori Ishizaka (石坂 緑 Ishizaka Midori).

Ume Matsuzaka (松坂 梅 Matsuzaka Ume) adalah teman sekaligus musuh bebuyutan Yoshinaga. Ia adalah guru dari kelas tetangga Shin-chan, kelas Mawar. Bu guru Matsuzaka suka dengan barang-barang bermerek. Ia juga membual bahwa ia bisa berbahasa Inggris. Setelah 24 tahun melajang, akhirnya ia berpacaran dengan seorang dokter ahli tulang Kyioda Tokuro. Namun setelah berpacaran dengan Tokuro cukup lama, ia harus merelakan kepergian pacarnya yang tewas akibat ledakan bom ketika melakukan Ekspedisi.

Bunta Takakura (高倉 文太 Takakura Bunta) adalah kepala sekolah TK Aksi. Ia sering dipanggil “Kumichō” (組長 = boss Yakuza) oleh Shin-chan karena wajahnya yang menyeramkan. Tetapi, di balik wajahnya yang menyeramkan, ia adalah seorang pria yang baik hati. Semua orang di TK Aksi (kecuali Shin-chan), memanggilnya enchou-sensei ( 園長先生 ) yang berarti ‘kepala sekolah’.

Shiizou Atsukuru (熱繰 椎造 Atsukuru Shiizō) adalah seorang guru pengganti Ibu guru Yoshinaga ketika sedang cuti hamil. Dia sangat suka dengan hal-hal yang panas. Dia suka berteriak, “フアイヤ!” (Fire) ketika melakukan aktivitasnya. Pak Atsukurushi punya phobia dengan kelinci karena pernah digigit. Tetapi, berkat bantuan Shin-chan, ia berhasil mengatasi ketakutannya itu. Nene diam-diam kagum dengannya.

Masumi Ageo (上尾 ますみ Ageo Masumi) adalah salah seorang guru pengganti Ume Matsuzaka ketika patah tulang [1] di TK Aksi. Bu guru Akeo adalah orang yang kurang percaya diri. Dia hanya bisa mengutarakan isi hatinya / pikirannnya apabila kacamatanya dilepas. Dia termasuk orang yang cukup aneh. Dia mempunyai sebuah boneka jerami yang diberi nama George. Ia juga suka makan kuah sisa mi instan dicampur dengan nasi. Shin-chan dan Pak Kepala Sekolah berpikir bahwa bu guru Akeo lebih cantik apabila tidak berkacamata.

Lain-lain

Musashi adalah guru kendo Shinchan.

Hideki adalah seorang bodyguard Ai Suotome / Masako Udachi. Tugasnya adalah menjaga Ai dari segala bahaya, sebenarnya ia juga pernah mengajari Shin-chan untuk menjadi bodyguardnya Ai juga. Tiba-tiba ia batal menjadi bodyguard karena takut dibenci oleh Nanako.

Pahlawan bertopeng / Action-Kamen (アクション仮面 Akushon Kamen) adalah pahlawan fiksi di serial TV kesukaan Shin-chan. Karakter Pahlawan Bertopeng merupakan parodi dari berbagai tokoh yang ada di film tokusatsu Jepang.

Yonro (四郎 Yonrō) Tetangga Keluarga Nohara saat pindah rumah ke apartemen. dia gagal ujian 3 kali dengan alasan gugup.Namun berhasil akhirnya karena dukungan Nohara. Ia adalah seorang yang pernah tinggal di Apartemen Matazure, kamarnya bersebelahan dengan kamar Nohara, sebab itulah ia menjadi rakus sehingga jatah makan keluarga Nohara berkurang.

Nanako Oohara (大原 ななこ Ōhara Nanako) Mahasiswi cantik yang diidolakan Shinchan. Dirinya mengawali persahabatan dengan keluarga Nohara saat ia menolong Shinchan yang matanya kemasukan debu. Sekalipun Nanako adalah seorang wanita yang cantik, ditokohkan ia kadang-kadang polos dan berani. Ia mempunyai seorang sahabat wanita dari klub sumo wanita bernama Shinobu.

Shinobu Kandadori (神田鳥 忍 Kandadori Shinobu) Wanita kuat ini merupakan sahabat Nanako, ia ditampilkan sebagai wanita yang mengerikan, besar, dan unik. Walaupun dalam karakternya hampir 6 volume komik ia dianggap tidak mungkin mendapatkan kekasih, akhirnya ia berhasil mempunyai kekasih bernama Omata. Omata adalah salah satu tetangga Keluarga Nohara saat pindah ke apartemen. Ia sebenarnya merupakan seorang putra mahkota yang ingin mendapatkan jodoh di Jepang, sekalipun norma dan adatnya berbeda.

Koyuki Susan ialah seorang yang pernah tinggal di Apartemen Matazure. Ketika ia sakit demam pada saat musim flu, ia dirawat oleh Misae dengan menyiapkan bubur untuk dimakan. Ia semangat sekali ketika langsung memakan bubur itu.

Omata ialah seorang yang pernah tinggal di Apartemen Matazure, ia sangat mencintai Shinobu. Kelakuan ini diperlihatkan ketika mereka sedang memasukkan jari telunjuk ke hidung masing-masing.

Yaku Tsukuri ialah seorang yang pernah tinggal di Apartemen Matazure. Ketika ia pernah sakit demam saat musim flu, ia dirawat oleh Shin-chan dengan menyiapkan bantal kompresnya.

Seorang yang merupakan pemilik Apartemen Matazure, ia sering disebut penghuni apartemen induk semang. Ia juga sering dipanggil Shin-chan Wada Akiko.