Buah-buahan yang bermanfaat

Buah semangkasemangka

Manfaat buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer di Filipina khususnya selama musim panas karena mengandung banyak air  sebagai pelepas dahaga. Tak hanya di Filipina, di Indonesia buah ini juga sangat populer dan digemari hampir seluruh lapisan masyarakat. Biasanya semangka berbentuk bulat, lonjong, atau bahkan berbentuk persegi. Semangka pada umumnya memiliki daging berwarna merah atau kuning. Kali ini tips kesehatan akan menguak khasiat di balik buah semangka.

Khasiat Buah Semangka

Semangka mengandung beberapa antioksidan yang sangat penting dalam membantu mencegah kanker usus, asma, diabetes, dan arthritis. Selain antioksidan, buah semangka kaya akan vitamin C, vitamin A, lycopene, dan karotenoid. Fungsi dari antioksidan lycopene sendiri adalah membantu melindungi sel-sel dan pencegahan penyakit jantung.

Khasiat buah semangka juga kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk produksi energi. Buah ini jua memiliki kandungan citrulline yang cukup tinggi, yaitu salah satu jenis asam amino tubuh kita gunakan untuk membuat asam amino lain, arginin, yang digunakan dalam siklus urea untuk menghilangkan amonia dari tubuh, dan oleh sel-sel yang melapisi pembuluh darah kita untuk membuat oksida nitrat.

Manfaat Buah Semangka

Nitrat oksida berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan merupakan senyawa yang produksinya ditingkatkan oleh Viagra untuk mencegah disfungsi ereksi. sedangkan Arginine bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin tipe 2 pasien diabetes obesitas dengan resistensi insulin. Beberapa manfaat buah semangka sangat baik untuk kesehatan dibalik rasanya yang segar.

 Buah strawberrystraw

Manfaat buah strawberry bagi kesehatan. Fragaria × ananassa atau lebih dikenal sebagai stroberi, adalah salah satu spesies hibrida yang dibudidayakan hampir di seluruh penjuru dunia. Buah ini begitu populer karena warnya yang menarik dan rasanya yang manis asam dan disukai hampir semua usia mulai dari anak-anak hingga orang tua. Selain rasanya yang nikmat, buah ini juga mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin penting yang diperlukan tubuh seperti vitamin C dan K, mangan, asam pantotenat, yodium, vitamin B1 dan B6, biotin, dan asam folat.

Serat yang terdapat dalam buah strawberry memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seseorang, terutama dalam mengatasi masalah pencernaan. Buah ini juga sering digunakan dalam makanan penutup atau garnish baik sebagai bahan utama ataupun hanya sekedar sebagai hiasan saja. Karena kandungan gigzinya yang cukup lengkap, buah strawberry dapat membantu mencegah berbagai jenis penyakit berat seperti kanker, Arthritis dan Gout, Perawatan Mata, Penyakit Jantung dan Alzheimer.

Manfaat dan Khasiat Buah Strawberry

Satu cangkir buah stroberi mengandung kurang lebih 45 kalori dengan sumber vitamin. Seperti halnya pada buah lainnya, orang tidak boleh bergantung hanya pada manfaat buah strawberry saja untuk memenuhi gizi mereka karena setiap buah memiliki kelebihan mineral dan vitamin di dalamnya.

Bentuk olahan buah strawberry juga beraneka macam, diantaranya digunakan sebagai bahan es krim, selai, jeli, sirup, dan aneka jenis makanan lainnya. Buah ini juga cukup mudah ditemukan di supermarkat terdekat. Sebelum membeli pilihlah yang masih dalam keadaan segar. Itulah fakta tentang manfaat buah strawberry untuk kesehatan.

Buah nagaaneka macam buah naga

Manfaat buah naga sudah cukup terkenal masayarakat Indonesia. Buah yang berasalh dari Amerika ini merupakan tanaman yang dapat tumbuh pada iklim tropis. Karena saking populernya, buah ini sudah dikenal orang di seluruh penjuru dunia. Buah ini pertama kali masuk ke asia dibawa oleh orang perancis yang datang ke china. Oleh karena itu buah naga memiliki banyak nama, misalnya di daerah Meksiko dikenal dengan nama Phitaya, di China disebut Feuy Long Kwa sedangkan di Vietnam terkenal dengan nama Thanh Long. Dan di Indonesia sendiri sering disebut kaktus manis.

Jenis-Jenis Buah Naga

Ada beberapa jenis buah naga antara lain :

  1. Buah naga berkulit merah, tetapi buah dagingnya berwarna putih (Hylocereus Undatus)
  2. Buah naga dengan kulit merah, dagingnya berwarna merah mencolok (Hylocereus Meganlanthus)
  3. Kulit merah muda, daging berwarna merah (Hylocereus Polyrhizus )
  4. Buah nage berkulit kuning, berdaging putih (Selenicerus Megalanthus )

Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga sangat beragam, kandungan vitamin c yang cukup tinggi pada buah ini membuat buah naga memiliki khasiat meningkatkan kekebalan tubuh kita dan membantu mempercepat proses penyembuhan pada luka. Kalium dan fosfor yang terkandung pada buah naga bisa membuat tulang kita kuat dan gigi menjadi sehat. Selain itu vitamin B3 yang ada pada buah ini baik untuk menurunkan kolesterol.

Selain itu buah naga juga bermanfaat menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Khasiat lain dari buah yang mirip kaktus ini adalah menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, mencegah kencing manis, memperkuat fungsi ginjal bahkan baik dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani program diet sehat. Bagi anda yang suka dengan buah naga bisa memekannya langsung, atau bisa juga mengolahnya menjadi aneka makanan dan minuman. Konsumsilah setiap hari dan rasakan manfaat buah naga.

Buah tomatmanfaat tomat

Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan sangat banyak sekali, hal ini tidak lepas dari kandungan berbagai macam nutrisi penting dan vitamin pada tomat itu sendiri. Buah ini sudah begitu terkenal, bahkan di dunia kuliner tomat selalu menjadi bahan utama atau penghias masakan apapun di berbagai penjuru negara.

Sering kali kita berfikir jika manfaat tomat hanya baik untuk kesehatan mata saja. Namun jika kita telusuri lebih jauh, banyak sekali keuntungan lain yang bisa kita peroleh saat mengkonsumsi tomat. Berikut ini adalah 7 manfaat tomat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

1. Sumber Antioksidan
Tomat mengandung lycopene yang merupakan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari zat radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya karena secara perlahan dapt merusak sel jaringan tubuh sehingga menyebabkan berbagai jenis pernyakit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Tekanan darah tinggi dan kolesterol dapat diminimalisir dengan kalium dan vitamin B yang terdapat pada tomat. Selai itu senyawa ini juga dapat mencegah pernyakit lainnya seperti stroke dan serangan jantung.

3. Sumber Vitamin Alami
Satu buah tomat saja dapat mencukupi 40% kebutuhan vitamin C harian bagi tubuh. Selain itu tomat juga mengandung cukup banyak vitamin K dan zat besi.

4. Meredakan Diabetes
Sebuah study yang pernah dilakukan oleh Jouurnal of American Medical Assosiation menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi setidaknya 2 tomat setiap hari dapat mengurangi stres oksidatif diabetes tipe 2.

5. Mencegah Kanker
Berbagai penelitian berhasil mengungkap jika tomat dapat mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat dan usu besar. Hal ini disebabkan karena adanay lycopene yang menjadi antioksidan alami untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.